Sunday, February 20, 2011

tas persalinan??


Usia kehamilan Bunda sudah mendekati bulan kesembilan atau 40minggu, jadi Ayah dan Bunda perlu mempersiapkan persalinan, salah satun hal penting adalah TAS PERSALINAN yang berisi barang-barang apa saja yang perlu dibawa ke klinik bersalin atau rumah sakit, apa saja ya yang sebaiknya disiapkan di TAS PERSALINAN  yang akan dibawa?

Untuk Bunda :
1.       Baju yang berkancing depan untuk memudahkan menyusui setelah persalinan.
2.       Sarung atau jarik untuk penutup tubuh bunda bagian bawah yang akan digunakan saat dan setelah melahirkan, minimal bawa 5 ya Bunda.
3.        Baju piyama untuk tidur.
4.       Kaos kaki, karena biasanya ruangan di klinik bersalin atau rumah sakit dinginnya minta ampun.
5.       Satu setel baju untuk pulang dari rumah sakit dan beberapa kosmetik, Bunda tetap ingin terlihat cantik dan rapi kan?
6.       Softek / pampers khusus untuk ibu melahirkan, karena ibu pasca melahirkan pasti masih banyak mengeluarkan darah.
7.        Celana dalam ibu hamil ( setelah persalinan perut Bunda kan masih besar  =j ) dan bh, lebih baik bh yang khusus untuk menyusui.
8.       Sikat gigi dan peralatan mandi (asalkan Bunda sudah diperbolehkan lho).
9.        Handuk kecil untuk menyeka badan, dan handuk besar
10.   Sendal
11.   Majalah dan MP4 untuk mendengarkan musik untuk menunggu di klinik atau di rumah sakit, pasti Bunda merasa sedikit bosan =j
12.   HP, penting dong untuk memberi kabar teman-teman dan saudara Bunda bahwa bayi kita sudah lahir dan sehat.

Untuk si Kecil :
1.       Dua  atau tiga pasang baju bayi, lengkap dengan bedong dan popok. Tidak perlu bawa gurita Bunda, sudah tidak boleh sekarang.
2.       Selimut untuk nanti pulang ke rumah.
3.       Sarung tangan dan kaos kaki.
4.       Topi
5.       Minyak telon, baby oil, sabun bayidan teman2nya, biasanya sudah disediakan oleh pihak klinik/rumah sakit, tapi untuk jaga-jaga nggapapa deh Bunda






Untuk Ayah (yang biasanya ikut menemani) :
1.        Baju ganti
2.       Peralatan mandi dan handuk
3.        Selimut tipis, biasanya kan Ayah/yang menemani Bunda, tidurnya di sofa atau di kursi dan kamar rumah sakit itu biasanya dingin banget.
4.       Bacaan atau MP3 atau media hiburan lainnya.
5.       HP, untuk memberi kabar atau untuk menghubungi di saat emergency.
6.       Sendal
7.        Surat-surat penting untuk pengrurusan administrasi klinik/rumah sakit, misalnya surat keterangan dari dokter, KTP, dll.

Ayah, Bunda, Sebaikanya tas tersebut disediakan pada saat kehamilan 36 minggu, waktu di mana bayi sudah bisa lahir normal. Dan juga sebaiknya tas dibawa selalu di mobil atau di tempat yang mudah dijangkau jadi jika suatu saat akan melahrikan di mana saja bisa langsung ke klinik/RS tanpa harus ribet-ribet mencarinya.
Semoga ini tips ini berguna dan semua persiapan persalinan Bunda terkoordinasi dengan baik, sehat ya Bunda =j

0 comments:

Post a Comment