Sunday, February 20, 2011

bahaya merokok dalam kehamilan



Merokok adalah kebiasaan yang dilarang keras, baik saat hamil maupun tidak hamil, baik merokok secara pasif maupun aktif. Dampak negatif rokok dan asapnya terhadap ibu hamil banyak sekali, beberapa di antaranya:
  • Ancaman persalinan prematur
  • Ketuban pecah sebelum waktunya
  • Ancaman lepasnya plasenta sebelum janin dilahirkan (solusio placenta) dengan risiko kematian ibu dan janin
  • Plasenta previa (letak plasenta menutupi jalan lahir) sehingga risiko mengalami perdarahan selama hamil dan saat persalinan meningkat dan risiko meningkatnya kematian ibu dan janin akibat perdarahan.
Dampak negatif rokok terhadap janin juga sangat banyak, antara lain:
  • Berat badan janin lebih rendah dari normal (pertumbuhan janin terhambat/ IUGR : intra uterin growth retardation) dan kondisi ini sangat mempengaruhi tumbuh kembang bayi selanjutnya karena dengan berat badan yang tidak normal, maka akan mudah sekali terjadi hambatan tumbuh-kembang.
  • Kematian janin di dalam rahim (IUFD : Intra uterine fetal death)
  • Meningkatkan risiko kematian janin mendadak (Sudden Infant Death Syndrome/SIDS)
Menghindari rokok dan asapnya dapat mengurangi risiko-risiko tersebut sampai 22% lo..
Memang risiko tersebut tidak pasti terjadi (karena itu disebut risiko), tetapi alangkah baiknya jika dapat dihindari. Seandainya anda mengalami risiko ini, bisa dibayangkan berapa biaya yang anda keluarkan untuk bolak-balik ke rumah sakit dan perawatan yang berkaitan dengan masalah kesehatan pada si bayi. Seandainya anda berhenti merokok, silahkan hitung berapa biaya yang dapat dihemat setiap bulannya, biaya tersebut bisa anda simpan untuk biaya persalinan nanti dan setelah si kecil lahir, biaya tersebut bisa dialihkan untuk tabungan pendidikan kan?

Hal ini berlaku untuk semua anggota keluarga yang ada di rumah, oleh karena itu, untuk para ayah mari kurangi kebiasaan merokok untuk masa depan si kecil yang anda sayangi. Untuk para calon ayah, seiring berjalannya waktu, anda kelak juga akan dan pastinya ingin menjadi ayah, bukan? Sedikit demi sedikit mari kurangi kebiasaan meroko dan bisa kita alihkan pada kegiatan lain yang lebih bermanfaat misalnya olahraga =j

0 comments:

Post a Comment